Namaku Alba

 

Alba – She’s a unique one of kind

Namanya Alba, yang berarti “putih” dalam Bahasa Latin. Alba diselamatkan pada tanggal 29 April 2017 di desa Tanggirang, Kapuas Hulu, Kalimantan Tengah. Ia diselamatkan dari warga yang mengurungnya di kandang dalam keadaan mengenaskan. Ia mengalami stress dan dehidrasi, bertubuh lemah, mengidap infeksi parasit, dan tidak berselera makan. Di hari-hari pertamanya di Orangutan Reintroduction Centre di Nyaru Menteng, ia hanya mau makan tebu. Orangutan yang sangat langka ini dipantau selama 24 jam oleh tim dokter hewan dalam sebuah bangunan karantina tertutup yang remang karena Alba sensitif terhadap cahaya matahari.

Prihatin dengan kondisinya yang langka dan unik, BOS Foundation kini sedang menghimpun secara cermat informasi mengenai albinisme pada kera-kera besar sebelum dapat memutuskan tindakan terbaik untuk kesejahterannya di masa depan.

Pada akhir Juni, Alba akan memulai kehidupan barunya di sebuah rumah pulau-hutan seluas 10 hektar. Seperti halnya manusia, semua orangutan adalah individu yang unik. Setelah itu, Alba akan dipindahkan ke pulau buatan-manusia khusus yang mencakup 10 hektar habitat alami agar ia bisa hidup bebas dan tetap terlindung dari ancaman manusia. Meskipun Alba memiliki pengalaman yang baik dalam hidup di alam liar, sifat yang biasanya berarti ia dapat ditranslokasi dengan cepat tanpa proses rehabilitasi yang panjang, albinisme-nya (kekurangan pigmen dan melanin di rambut dan kulitnya) dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti penglihatan yang buruk, pendengaran yang buruk, dan kanker kulit. Hal itu akan membuatnya lebih rentan terhadap perburuan atau predator.

Selama menginap di rumah pulau-hutan, Alba akan ditemani oleh tiga ekor orangutan lain. Mereka bernama Radmala (betina, 4 tahun), Kika (betina, 6 tahun), dan Unyu (jantan, 4 tahun) yang semuanya telah diperkenalkan pada Alba. Mereka telah berteman akrab.

Setelah berada di pulau, Alba dan yang lainnya akan mendapat pemantauan dan keamanan penuh yang akan mencatat orang utan mana yang terlihat di tempat makan, tempat makanan tambahan diberikan dua kali sehari.

Yuk, masih ada waktu untuk melakukan donasi bagi Alba – KAMI BUTUH KAMU – BERSAMA KITA BISA!

Donasi sekarang, buy with purpose.

 

Sumber dari BOSFoundation

 

Join our newsletter