fbpx
  • My Cart

Fakta-Fakta Tentang Orangutan

Unconditional LOVE

Orangutan adalah satu-satunya anggota keluarga kera besar yang ditemukan di Asia. Anggota-anggota lain dari kera besar yang ditemukan di Afrika, yaitu Simpanse dan Gorila.

Ada tiga spesies orangutan yang tersebar di pulau Borneo, Indonesia (Kalimantan) dan Malaysia (Sabah dan Sarawak). Demikian juga orangutan Sumatra dan Tapanuli yang berada di Indonesia. Ketiga spesies ini telah tersebar secara geografis selama sekitar 8.000 tahun saat permukaan air laut meningkat, sehingga memisahkan kedua pulau tersebut. Berdasarkan penelitian saintifik mengenai genetika, morfologi, perilaku ekologi, dan sejarah kehidupan; orangutan Sumatra, Tapanuli, dan Borneo menunjukkan perbedaan karakteristik fisik yang signifikan.

The Bornean Orangutan – Pongo Pygmaeus

Orangutan Borneo memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, bulunya pendek berwarna gelap atau cokelat kemerahan.

The Sumatran Orangutan – Pongo Abelii

Orangutan Sumatra memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, bulunya berwarna oranye terang.

The Tapanuli Orangutan – Pongo Tapanuliensis

Orangutan Tapanuli lebih mirip dengan orang utan Sumatra ketimbang orangutan Borneo dalam ukuran tubuh dan warna bulu. Namun, bulunya lebih keriting, kepalanya lebih kecil, dan wajahnya lebih datar.

Di antara ketiga spesies itu, tubuh orangutan jantan lebih besar daripada tubuh betina, biasanya bobotnya dua hingga tiga kali lebih berat. Orangutan jantan mengembangkan bantalan pipi (flange) besar yang menunjukkan kedewasaan pascaseksual. Baik orangutan Tapanuli jantan maupun betina memiliki jenggot, sedangkan orangutan Borneo hanya jantan yang memiliki jenggot.

 

Dari hati kami untuk Kamu

Mari membangun HARAPAN dan RUMAH untuk orangutan dengan purchase with purpose

KAMI BUTUH KAMU – BERSAMA KITA BISA

Indonesia dengan cinta

Selamatkan hutan

Selamatkan orangutan

Satu CINTA

 

 

 

Join our newsletter